VINICIUS & TOM

Kalian pernah dengar nama Vinicius dan Tom ngga? Kalau tidak pernah, parah banget ahahahaa. Jadi ini adalah nama maskot olimpiade dan paralimpiade di Rio de Jeneiro 2016. Maskot resmi Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2016 diumumkan pada tanggal 24 November 2014. Maskot Olimpiade bernama Vinicius dan dinamakan menurut musisi Vinicius de Moraes. Maskot Paralimpiade bernama Tom, dinamakan menurut musisi Tom Jobim.

Oh iya, kemungkinan kalian bingung kenapa sih maskot olimpiade tahun ini ada dua ehheheee. Jadi, Rio mengadakan olimpiade dan paralimpiade. Paralimpiade sendiri adalah olimpiade untuk orang-orang berkebutuhan khusus. *saya sendiri baru tahu ada paralimpiade, lain kali pengen ah nonton paralimpiade ehehheee -ketauan deh ga pernah nonton olimpiade ehehehe*

TERUS KENAPA SIH ELIS BAHAS TENTANG INI?  *sotoy bnget ahahahaa*

Sebenarnya saya membahas tentang maskot olimpiade tahun 2016 ini karena awalnya saya diberi tugas dengan guru olahraga disekolah. Guru saya menyuruh untuk merekap kejuaraan seluruh cabang dibidang senam. Demi nilai yang tidak bisa saya dapatkan karena fisik kurang mendukung, akhirnya saya membuat tugas itu ehehehee.

Tetapi entah mengapa saya tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang maskot. Menurut saya, maskot tahun ini unik dan dibuat untuk menandakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan perlakuan khusus. Maskot tahun ini, seperti yang telah saya sebutkan diatas, ada dua dan memiliki filosofi masing-masing.

Oh iya, ini adalah lambang untuk olimpiade dan paralimpiade tahun ini

rio

Pertama-tama saya ingin membahas tentang filosofi maskot-maskot ini (saya ambil dari blog orang lain hehehee)

Vinicius, maskot yang berwarna kuning cerah bentuknya perpaduan antara monyet dan kucing. Inspirasinya dari kekayaan ragam fauna  Brasil sendiri. Ssttt…perhatikan tangannya, deh. Seperti bulu burung yang hidup di daerah tropis, ya. Vinicius digambarkan suka bermain,melompat, berlari, dan tersenyum. Vinicius berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi, dan menjadi lebih kuat seperti para atlet yang ikut Olimpiade.

 

 

Sedangkatn Tom, maskot Paralimpiade berbentuk boneka pohon berwarna biru dengan dedaunan di bagian kepalanya. Inspirasinya datang dari hutan hujan tropis yang menjadi kebanggan Brasil.

 

Sebelumnya, saya memang merupakan orang yang suka melihat bakat-bakat yang dimiliki oleh orang-orang berkebutuhan khusus. Entah mengapa, saya merasa segala permasalahan yang saya alami itu tidak sesulit mereka. Mereka yang kebanyakan cacat mental terkadang membuat kegiatan sehari-hari terhambat. Mereka harus mencari sesuatu yang baru agar bisa mengatasi berbagai macam persalahan dengan caranya sendiri. Saya merasa salut karena dengan ketidakpunyaan mereka, terkadang mereka yang dapat memberikan lebih kepada orang lain.

Oleh karena itu, mengetahui adanya paralimpiade membuat saya langsung nge-stalk atlet-atlet orang-orang berkebutuhan khusus di paralimpiade Rio 2016. Ini dia hasilnya ehehehee

This slideshow requires JavaScript.

Indonesia sendiri, negara saya, mengirimkan 9 atlet untuk mengikuti paralimpiade 2016. Tahun ini sembilan atlet Indonesia akan berlaga di empat cabang Paralimpiade 2016 meliputi atletik, angkat besi, renang dan tenis meja. Peraih medali perunggu Paralimpiade London 2012, David Jakob kembali diandalkan meraih medali untuk Indonesia di ajang serupa tahun ini. (dari blog ini)

Dibawah ini adalah daftar nama-nama atlet paralimpiade yang dikirim untuk mengikuti kompetisi di Rio 2016

menang

Dilansir dari blog pikiran rakyat

“Satu perunggu yang dipersembahkan oleh cabang angkat berat kelas 41 kg putri lewat Ni Nengah Widiasih itu hanya mampu menempatkan Indonesia di posisi 71 klasemen sementara. Raihan ini, secara perolehan medali, menyamai prestasi empat tahun lalu di London. Pada saat itu, satu perunggu dibukukan oleh cabang tenis meja klasifikasi C10 lewat David Jacobs.

Pada Paralimpiade kali ini, David secara mengejutkan tumbang di babak pertama atas petenis Prancis, Moteo Boheas dengan skor 2-3. Raihan tersebut menurut Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun saat dihubungi wartawan, Jumat 16 September 2016 justru dinilainya tidak mengejutkan. Sebabnya, secara usia pun David dinilainya memang sudah veteran, hingga performanya tidak sebaik ketika 2012 lalu.”

Yah lumayan deh Indonesia dapat sumbangan medali perunggu dari paralimpiade. Walaupun performa beberapa orang cepat tumbang, tapi semua keahlihan atlet meningkat. Misalnya, catatan waktu renang yang diraih semasi berkompetisi 4 tahun lalu dengan tahun ini meningkat. Memang sih Indonesia bisa dibilang maju, tapi sayangnya kemajuan atlet-atlet Indonesia belom bisa menandingi negara lain eheheheee.

Jadi, apa pesan moralnya?

  1. Coba deh kalian sekali-kali nonton olimpiade dan juga paralimpiade, ga ada salahnya kok nyoba. Bahkan jangan sampe menyesal kalo kita kelewatan event besar yang dilakukan oleh para atlet. Terutama atlet cabang bulutangkis dari Indonesia tahun ini yang tiba-tiba memberikan ‘hadiah’ medali emas kepada Indonesia. Feel terharunya akan lebih dapat kalau kita menonton pada waktu yang sama dan hari yang sama.
  2. Kalau kalian lelah, tetap semangat. Kenapa? Karena kalian jangan mau kalah dengan orang-orang yang  lebih tidak beruntung dari kita. Mereka yang memiliki keterbatasan tapi mereka pantang menyerah dan bahkan dapat masuk ke dalam kejuaraan internasional. Kalian mau juga kan?
  3. PRACTICE MAKES PERFECT! 

 

Karena prestasi

tidak  bisa didapatkan hanya dari

perjuangan semalam saja.

(bener ga? buktiin aja sendiri 😀 )rio

Leave a comment